Nintendo - Othello

Othello adalah salah satu game tradisional yang cukup terkenal yang berasal dari daerah Jepang. Game ini dimainkan oleh dua orang. Tempat permainannya berupa suatu papan dengan kotak berjumlah 8×8. Masing-masing pemain memiliki batu dengan warna yang berbeda, satu pemain berwarna hitam dan yang lainnya berwarna putih. Dalam game tersebut, tiap pemain berusaha untuk mengganti warna buah/batu lawan menjadi warna buah/batu miliknya dengan menjepit/memblok buah-buah musuh baik itu secara vertikal, diagonal, maupun horizontal.

Image and video hosting by TinyPic

Sejarah othello berawal tahun 1945, setelah bom atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki. September 1945, Hasegawa Goro yang tengah duduk di kelas satu SMP menerima pelajaran sembari duduk di tanah di bawah langit biru. Mito juga menjadi sasaran pengeboman hingga kastil dan bangunan bersejarah lain ikut habis dalam kobaran api. Dalam suasana seperti itulah permainan ini dilahirkan. Aturan awalnya, bila batu milik pemain pertama diapit oleh batu milik pemain kedua, maka batu pemain pertama menjadi milik pemain kedua. Permainan ini cukup merepotkan karena harus memakai batu dengan 2 warna, hingga akhirnya dipakai kertas yang diwarnai hitam pada salah satu sisi dan putih pada sisi yang lain. Sebenarnya asal kata othello itu sendiri, bukan dari bahasa Jepang. Ayah Hasegawa Goro, memberikan nama ini dari salah satu karya Shakespeare dengan judul yang sama. Othello dalam karya Shakespeare tersebut mengisahkan seorang kulit hitam yang mempunyai istri kulit putih yang cantik bernama Desdemona.

Image and video hosting by TinyPic

Permainan othello dimainkan pada arena papan kotak-kotak persegi dengan buah/batu hitam dan putih di atas arena. Pada awal permainan diletakkan dua buah hitam dan dua buah putih pada pusat arena. Buah warna hitam harus melewati buah warna putih agar buah putih dapat diubah menjadi buah hitam, dan sebaliknya. Permainan akan berakhir jika semua kotak arena sudah terisi buah-buah, atau seluruh batu yang ada di atas arena berwarna sama. Pemenang adalah pemain yang memiliki jumlah buah yang lebih banyak di atas arena. Permainan ini di luar negeri lebih dikenal dengan nama Reversi atau Oposite. Saat ini Othello tidak hanya dimainkan secara tradisional, namun sudah banyak dibuat dalam bentuk animasi pada komputer. Game Othello pula telah dibuat dalam bentuk game rumahan oleh salah satu perusahan game klasik terkenal yaitu Nintendo.

Bagi yang tertarik dan ingin mencoba akan game classic ini bisa didownload saat ini juga. Game ini terdiri dari 2 file utama yakni :

1. Emulator yaitu Tools atau program yang digunakan untuk memutar atau memainkan Game ini. Terdapat banyak jenis emulator tetapi dalam hal ini kita yang kita gunakan ialah emulator jenis Nintendo yaitu Nestopia. Silahkan download Emulatornya disini.

2. Rom yaitu file yang berisi game itu sendiri atau dengan kata lain ini adalah file inti. Untuk mendownload Rom ini silahkan download disini.

Cara memainkan game ini :

1. Download file Emulator berserta Romnya (dalam format zip)

2. Extrak file Emulatornya hingga terdapat banyak file didalam emulator tersebut

3. Pilih icon yang berbentuk mesin Nintendo pada file emulator tersebut hingga muncul seperti layar monitor hitam kecil

4. Pilih “file” kemudian “Open” cari file Rom game tersebut dimana game itu tersimpan

5. Dalam pengunaan Emulator, untuk tombol control arah berada pada tombol-tombol "Arrow" pada keyboard, tekan tombol "Arrow Lift" untuk bergerak kekiri, tombol "Arrow Right" untuk bergerak kekanan, tombol "Arrow Up" untuk bergerak keatas dan tombol "Arrow Down" untuk bergerak kebawah, Serta untuk tombol A dan B, gunakan tombol ">" pada keyboard sebagai tombol A dan tombol "< " pada keyboard sebagai tombol B.



***

0 komentar:

Posting Komentar