Cara Membuat Background Pada Tampilan Flashdisk atau Driver di Komputer (bag 2)

Mungkin, artikel ini bisa dikatakan artikel yang sangat klasik dan mungkin juga artikel yang “jadul” untuk dibahas. Bagi orang-orang yang telah paham atau mengerti pasti mengatakan artikel ini sudah tidak ada gunanya lagi. tapi, bagaimana dengan orang-orang yang belum paham dan belum mengerti?  Oleh karena itulah mari kita berbagi pengetahuan yang sederhana ini.

Pada artikel sebelumnya tentang bagaimana cara pemubuatan background telah dibahas mengenai cara pembuatan background yakni dengan menggunakan sebuah program bantu pembuat background instant “IESHWIZ Backgound Maker”. Pada artikel kali ini pun kita masih akan membahas tentang cara pembuatan background pada Driver komputer atau Flashdisk tapi dengan cara yang berbeda yakni dengan mengunakan sebuat kode-kode yang diletakan pada sebuah notepad atau orang-orang sering menyebutnya script desktop. Berbeda dari cara sebelumnya yang menggunakan sebuah program bantu yang telah instant atau program yang siap pakai, pada artikel kali ini pembuatan background bisa dilakukan dengan buatan kita sendiri. Berikut ini adalah langkah-langkahnya : 

1. Bukalah sebuah “NOTEPAD” atau “WORDPAD” windows pada komputer kita bagi yang belum bisa silahkan klik “Start”  “Program”  “Accessories  pilih “NOTEPAD”

Image and video hosting by TinyPic

2. silahkan copi kode dibawah ini

[ExtShellFolderViews]
{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}={BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}

[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
Attributes=1
IconArea_Image=gambarku.jpg

IconArea_Text=0x00bff3

3. pastekan kode tersebut pada notepad yang telah disiapkan sebelumnya.

Image and video hosting by TinyPic

4. Save as Notepad tersebut dengan nama "desktop.ini" (tanpa kutip) dan letakkan di dalam Driver komputer (misalnya di C: atau D: ) atau flashdisk anda (di luar folder)

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

5. Sebagai percobaan klik kanan pada mouse dan pilih “refresh” pada area Driver. Kode yang bekerja dengan baik akan menimbulkan perubahan warna pada text-text pada driver atau flashdisk tersebut (warnet text bisa diubah sesuai keinginan)

6. Lalu sekarang tinggal kita buat file gambarnya dengan format *.jpg, disini saya memberi nama file gambarnya adalah "gambarku.jpg" sebagai contoh. Dan letakkan file gambar kita di Driver komputer (misalnya driver C: atau D: ) atau Flashdisk (di luar folder) . Jika file gambar anda tidak sama dengan yang saya buat, anda hanya perlu merubah code di baris ke 5 ini : IconArea_Image=gambarku.jpg dan ganti nama file gambar dengan nama gambar yang ingin kita jadikan background. Dengan kata lain file nama pada gambar harus sama dengan nama pada kode pada IconArea_Image= …..jpg tersebut.

7. Text yang di bold (nama file gambar) adalah file gambar yang dapat kita rubah nantinya sesuai dengan file gambar yang ingin anda gunakan. misalnya saya beri nama file “naruto-shippuden” pada IconArea tersebut. Sehingga apabila dijabarkan perubahan itu menjadi “IconArea_Image=naruto-shippuden.jpg”. dan file nama gambar pun harus sama dengan kode IconArea pada kode tersebut. Untuk saat ini saya menggunakan gambar naruto shippuden dibawah ini. Silahkan klik pada gambar untuk melihat ukuran sebenarnya (dipersilahkan apabila gambar ingin mendownload tersebut).

Image and video hosting by TinyPic

8. Setelah nama file gambar dan nama file code sama serta semua langkah-langkah diatas telah dilakukan baik, klik kanan pada mouse dan “refresh” kembali pada Driver atau Flashdisk tersebut. Dan lihatlah apa yang terjadi. 

Image and video hosting by TinyPic

NB:

1. Pembuatan Background dengan menggunakan script/ kode ini hanya bisa digunakan pada Driver atau Flasdisk di luar folder dan tidak bisa diletakan didalam folder

2. Silahkan cek code tersebut apabila telah disimpan dengan nama “desktop.ini” (tanpa tanda kutip”) dengan mengklik kanan pada mouse dan “refresh” dan lihat warna pada area text Driver atau Flashdisk tersebut (atau warna tersebut bekerja dengan sendirinya tanpa menklik refresh pada mouse) mengalami perubahan atau tidak. Apabila warna pada area tersebut mengalami perubahan berarti code ini bekerja.

3. Selalu letakan file gambar dan file desktop ini secara bersamaan pada satu Driver atau Flashdisk dan jangan pernah dipisahkan, apabila hal itu terjadi maka background tidak akan muncul.


Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat..


***

0 komentar:

Posting Komentar