Hipnotis Diri Sendiri ????

Hipnosis/hipnotis (Bahasa Inggris: hypnosis) merupakan sebuah proses psikologis alami yang “melompati” proses berpikir kritis dan membentuk satu jenis pikiran dan persepsi tertentu. Hipnotis pula merupakan suatu teknik dan juga seni dalam mempengaruhi dalam bawah sadar melalui sebuah sugesti yang diterima. Apakah hipnotis itu sulit?

Image and video hosting by TinyPic

Bagi sebagian orang memperlajari hipnotis merupakan hal yang sulit tetapi sesungguhnya dibalik itu hipnotis merupakan sebuah usaha bagaimana cara kita bisa mengendalikan alam bawah sadar seseorang melalui sugesti-sugesti yang diberikan, dengan kata lain ini bisa jadi suatu yang disebut seni memotivasi diri secara khusus.

Hipnosis mungkin bisa kita lakukan sendiri dengan beberapa langkah-langkah sederhana. Sebelumnya kita harus memastikan rumusan program yang ingin kita tanamkan dalam alam bawah sadar kita. Ada banyak program yang bisa dibuat, seperti "Aku makin hari makin sehat", "Hari demi hari rasa sakit yang kualami makin ringan", "Hasrat seksual saya makin kuat dan mudah mencapai orgasme," dan masih banyak lagi.

Untuk menghipnosis diri sendiri, mari kita coba lakukan tahapan berikut ini:

1. Rileksasi

Kendurkan seluruh otot yang tegang. Untuk mengetahui perbedaan bahwa otot mengendur, tegangkan otot-otot mulai dari telapak kaki sampai kepala selama beberapa detik lalu kendurkan. Kontrol napas dan kosongkan pikiran.

Hirup napas dalam-dalam secara perlahan, tahan beberapa saat, lalu embuskan perlahan. Tiap kali mengembuskan napas, bayangkan seolah membersihkan tekanan dari tubuh.

2. Pendalaman rileksasi

Pada tahap ini kita bisa sangat rileks sampai hampir seperti tidur meski tetap sadar dan terjaga. Tanda-tanda rileks bisa dirasa dari semua organ tubuh, mata, mulut, otot lengan, sampai kaki serta napas. Patokannya otak mulai santai.

Salah satu cara memperdalam rileksasi adalah dengan menghitung mundur dalam hati, misalnya mulai dari 100. Jangan menghitung maju karena justru membuat pikiran berjalan terus. Bila ada gambaran dan pikiran menyelinap saat menghitung, biarlah. Itu hal yang wajar. Teruslah menghitung.

Penghitungan dilakukan dengan kecepatan yang membuat kita nyaman dan rileks, kira-kira 2-3 detik setiap hitungan. Beberapa orang suka menghubungkan hitungan dengan napas mereka. Saat kondisi sudah lebih dalam, napas melambat sehingga hitungan juga melambat.

3. Begitu mencapai akhir pendalaman, masukkan rekaman-rekaman positif (program).

Hindari kata ganti orang kedua. Gunakan kata ganti saya. Sugesti harus spesifik, secara teknis benar dan ditanamkan secara teratur di bawah kondisi yang benar. Rumusan sugesti musti singkat.

Perlu eksperimen untuk menemukan metode paling efektif dalam menanamkan sugesti bagi diri sendiri. Ada yang bisa langsung merasakan hasilnya. Ada juga yang butuh waktu lama. Jika dalam waktu lama kita merasa tak ada perubahan, perlu ada perubahan sugesti.

4. Begitu selesai memberi program, hipnosis selesai.

Kita harus memberi batasan yang jelas antara keadaan hipnotik dan sadar. Ini mencegah kita supaya tidak tertidur. Untuk mengakhiri hipnosis diri, pikirkan bahwa kita akan bangun. Siap-siaplah untuk itu, misalnya dengan menghitung sampai tiga.

Hipnosis diri relatif mudah dipelajari dan dilakukan. Ini adalah bentuk keterampilan. Jadi, selain pengetahuan, diperlukan latihan terus-menerus untuk meningkatkan kemampuan. (GHS/abd) – www.kompas.com

Semoga Bermanfaat…


***

0 komentar:

Posting Komentar