Arcade Game - Metal Slug X

Metal Slug X adalah video game “berlari” dan “tembak” yang ditujukan pada Neo-Geo console / arcade platform yang dikembangkan oleh Nazca Corporation dan diterbitkan oleh SNK. Awalnya game ini dirilis pada tahun 1996 untuk platform arcade MVS. Permainan ini secara luas dikenal dengan permainan tempur sederhana yang dimainkan dengan dua pemain. Metal Slug X ini merupakan versi lanjutan dari versi game sebelumnya yaitu Metal Slug Super Vehicle 001.

Image and video hosting by  TinyPic

Pada game seri Metal Slug X ini, jalan seri cerita agak sedikit berbeda dari Metal Slug sebelumnya. Pada seri ini terdapat penambahan karakter pemain baru (pejuang baru) serta dengan latar Stage yang jauh berbeda dari sebelumnya dengan tinggat kesulitan yang agak lebih pula disbanding yang sebelumnya.

Image and video hosting by  TinyPic

Image and video hosting by  TinyPic

Pada dasarnya Metal Slug X ini hanya bisa dimainkan pada perangkat game PLAYSTATION. Tapi, dengan semakin diperbaruinya game versi ini, game inipun kini bisa dimainkan di berbagai perangkat game lain seperti Dingdong ataupun komputer.

Untuk mendownload game ini, game ini terdiri dari 3 file utama yakni :

1. Emulator yaitu Tools atau program yang digunakan untuk memutar atau memainkan Game ini. Terdapat banyak jenis emulator tetapi dalam hal ini kita yang kita gunakan ialah emulator jenis Mame yaitu Mame32 yang merupakan emulator jenis game “Dingdong”. Silahkan download Emulatornya disini.

2. Bios yaitu Sebuah file tambahan khusus yang digunakan untuk mensupport Emulator serta gamenya. Bios untuk game ini ialah “NEOGEO”. Untuk mendownload Bios ini silahkan download disini.

3. Rom yaitu file yang berisi game itu sendiri atau dengan kata lain ini adalah file inti. Untuk mendownload Rom ini silahkan download disini.

Cara memainkan game ini :

1. Download file Emulator, Bios berserta Romnya (dalam format zip)

2. Extrak file Emulatornya hingga terdapat banyak file didalam folder emulator tersebut. Untuk saat ini mari kita fokuskan pada file folder yang bernama “roms”

3. Pindahkan file Bios dan Rom yang telah kita download tadi pada folder “roms” tersebut

4. Pilih icon yang berbentuk mesin Dingdong berwarna kuning yang merupakan emulator untuk game tersebut yaitu Mame 32 (yang merupakan aplikasi untuk menjalankan emulator game) hingga muncul jendela aplikasi emulator tersebut

5. Pilih “Option” kemudian “Directories” dan pilih “Browse” kemudian cari file Bios dan Rom game tersebut dimana game itu tersimpan (diarahkan folder “roms” tadi)

6. Tunggu sesaat ketika aplikasi mencari (mendetect ) keberadaan game tersebut

7. Apabila proses pencarian telah selesai, pada deretan menu di sebelah kiri, pilih menu “available” dan secara otomatis game Metal Slug akan tersedia didalam list.

8. Klik pada nama list “metal slug X super vehicle 001”yang telah terdeteksi available tersebut untuk memainkannya.

9. Dalam pengunaan Emulator, untuk tombol control arah berada pada tombol-tombol "Arrow" pada keyboard, tekan tombol "Arrow Lift" untuk bergerak kekiri, tombol "Arrow Right" untuk bergerak kekanan, tombol "Arrow Up" untuk bergerak keatas dan tombol "Arrow Down" untuk bergerak kebawah, Serta untuk tombol 1 dan 2, dan 3 gunakan tombol "ctrl" pada keyboard sebagai tombol 1 , tombol "Alt" pada keyboard sebagai tombol 2. dan tombol “space” pada keyboard sebagai tombol 3.

NB:

1. Emulator yang digunakan pada game ini merupakan emulator jenis permainan “Dingdong” jadi setiap akan memainkan game ini seolah olah kita di sarankan untuk memasukan sebuah koin untuk memainkannya. Untuk memasukan koin tekan tombol angka 5, sedangkan untuk tombol startnya berada pada tombol angka 1. dan apabila anda ingin menyudahi permainan, tekan tombol “Esc” untuk exit (keluar)

2. Tombol-tombol control bisa di ubah atau disetting ulang sesuai dengan keinginan kita. Untuk mensetting tombol-tombol control tersebut kita bisa mengaturnya pada tombol “tab”


***


0 komentar:

Posting Komentar