N I N J A

Ninja atau Shinobi (dalam bahasa Jepang, secara harfiah berarti "Seseorang yang bergerak secara rahasia") adalah seorang pembunuh yang terlatih dalam seni ninjutsu (secara kasarnya "seni pergerakan sunyi") Jepang. Ninja, seperti samurai, mematuhi peraturan khas mereka sendiri, yang disebut ninpo. Menurut sebagian pengamat ninjutsu, keahlian seorang ninja bukanlah pembunuhan tetapi penyusupan. Ninja berasal dari bahasa Jepang yang berbunyi nin yang artinya menyusup. Jadi, keahlian khusus seorang ninja adalah menyusup dengan atau tanpa suara.

Asal Usul Ninja dan NINJUTSU


Walaupun belum disepakati sejak kapan ninja ada, namun yang pasti disekitar abad ke enam belas,ninja sudah dikenal dan eksis berupa suatu keluarga atau “clan” dikota Iga dan Koga. Telah diketahui bahwa ninja merupakan profesi yang berhubungan dengan intelijen tingkat tinggi dalam pemerintahan feodal para raja-raja di Jepang.

Image and video hosting by  TinyPic

Berdasarkan keperluan waktu itu, masing-masing “clan” memiliki tradisi mengajarkan ilmu bela diri secara rahasia di dalam keluarganya saja. Ilmu bela diri yang dikenal kemudian dengan “Ninjutsu”. Adalah ilmu yang diwariskan dari leluhur mereka dan atas hasil penyempurnaan seni berperang selama puluhan generasi yang menurut para ahli sejarah dimungkinkan telah berlangsung lebih dari empat abad. Ilmu itu meliputi falsafah Bushido, spionase, taktik perang komando, tenaga dalam, dan tenaga supranatural, serta berbagai jenis bela diri lainyang tumbuh berkembang menuruti Jaman.

Perbandingan NINJA dengan Bela diri lain

Image and video hosting by  TinyPic

Dibandingkan dengan bela diri lain, gerakan dan jurus ninjutsu tidak dilengkapi dengan keindahan gerak atau estetika anatomis. Yang ada betul-betul hanya tendangan, lemparan, patahan dan serangan. Kemudian dilengkapi dengan teknik pertahanan diri seperti jatuhan, rolling dan teknik bantu seperti meloloskan diri, mengendap, dan teknik-teknik khusus lainnya. Namun, pada prakteknya seorang Ninja akan berusaha menghidari kontak langsung dengan lawan-lawannya, oleh karenan itu berbagai alat lempar, lontar, tembak dan penyamaran lebih sering digunakan. Bedanya dari bela diri lain adalah bahwa Ninjutsu mengajarkan keahlian spionase, sabotase, melumpuhkan lawan dan menjatuhkan mental seperi layaknya prajurit komando khusus saat ini. Semua ilmu tersebut diperlukan dalam usaha untuk memberikan perlindungan kepada keluarga mereka. Lepas dari itumemang sulit dimengerti oleh orang lain yang belum memahami bahasa dan kebudayaan keluarga Ninja. Pada satu sisi Ninja harus bertempur dengan penuh rasi melindungi, namun di saat yang sama ia juga menerapkan falsafah “anda harus berperilaku seperti Iblis yang kejam dan licik” saat menggunakan jurus-jurus Ninja untuk menghadapi lawan. Disisi lain ajaran Ninpo memberi petunjuk bahwa salah satu tujuan dan sasaran dari Ninjutsu adalah mempertajam indera keenam kita. Pemaduan intuisi dan kekuatan fisik yang dilatih terus menerus dalam jangka waktu lama memungkinkan para Ninja untuk mengaktifkan indera keenamnya. Sehingga akan mengenal orang lain lebih baik dan mengerti berbagai persoalan dalam beragam disiplin Ilmu.

Syarat menjadi NINJA ?

Untuk menjadi seorang Ninja sangat berat syaratnya, kondisi fisik, intelijensi, dan mental seorang Ninja harus berlipat kali dari standar orang biasa dan dilati sejak seorang calon Ninja berusi lima hingga tujuh tahun. Hasilnya dapat dilihat saat Ninja mampu menggerakkan sendi-sendinya dengan gerakan abnormal untuk meloloskan diri dari ikatan atau menyelinap. Atau mampu menyelam tanpa alat bantuanlebih dari lima menit, diam seperti patung sambil puasa makan minum berhari-hari, atau mampu melompat hingga ketinggian tiga meter lebih, di luar kemampuan orang normal. Selebihnya, ninja harus membaktikan seluruh hidupnya untuk ninjutsu. Tidak ada ampun bagi ninja yang membelot atau berkhianat, akan dicari sampai dapat di ujung dunia sekalipun dan harus menerima hukuman dari pimpinan keluarga ninja. Umumnya ninja yang dihukum tersebut dibunuh atau dilenyapkan.

Pakaian Hitam sebagai Seragam NINJA

Image and video hosting by  TinyPic

Dalam aktivitasnya, ninja menggunakan kostum khusus agar tidak dikenal. Dari mulai wajah, ujung tangan sampai ujung kaki dibalut kain yang warnanya tergantung situasi dan kondisi. Hitam akan sering digunakan untuk malam, putih jika beroperasi di musim salju atau warna cokelat-hijau jika beroperasi di hutan-hutan. Dalam bajunya terdapat kantung-kantung tempat menyimpan sekumpulan senjata, alat, makanan kering, racun dan obat. Pantang bagi mereka untuk diketahui identitasnya di muka umum. Bahkan meninggal atau tewasnya seorang ninjapun menjadi rahasia. Begitu juga konsekuensinya bila jati diri seorang ninja terungkap, tidak ragu lagi ninja tersebut akan membunuh diri seraya merusakkan wajahnya. Rumah seorang ninja kerap dilengkapi dengan pintu-pintu rahasia, lorong-lorong bawah tanahdan tempat senjata serta amunisinya. Untuk menutupi dirinya seorang ninja sangat ahli menyamar. Pada suatu saat ia menjadi pendeta, keesokan harinya sudah menjadi pedagang dan lusa entah menjadi siapa lagi. tidak heran jika seorang tokoh ninja dapat memiliki tiga rumah berbeda lokasi dan juga punya tiga isteri dan anak-anaknya agar tidak bisa dideteksi musuh. Namun pada masa kini, seorang ninja bisa saja memiliki profesi atau posisi tinggi di perusahaan atau organisasi pemerintahan dan terpandang di masyarakat.

Jurus Rahasia NINJA (NINJUTSU)

Walaupun hingga kini terdapat lebih dari ratusan keluarga ninja, baru awal tahun enam puluhan ninja bisa didekati dan disibak rahasianya oleh orang luar. Sejak ninja dinyatakan terlarang oleh Shogun Tokugawa di abad ke tujuh belas, baru sekitar di tahun 1950 larangan tersebut dicabut oleh pemerintah Jepang. Pada sekitar tahun 1960 telebisi Jepang menayangkan laporan dokumentasi dan sejarah ninja yang ternyata mengundang sambutan tak terduga karena hal tersebut menjadi inspirasi dan luapan minat untuk mengetahui lebih jauh tentang ninja. Di tahun-tahun berikutnya muncullah film-film yang bertemakan ninja. Salah satu aliran ninja yang dapat membuka diri dan membawa misi untuk memperkenalkan ninja ke dunia luar adalah Togakure-ryu Grandmasternya (Soke Togakure-ryu Koshijutsu) adalah pewaris dari generasi ke 34, Masaaki Hatsumi, Ph.D, (69) yang profesi sehari-harinya adalah seorang tabib ahli penyembuhan dan pengobatan tulang(Chi-ropractor). Hatsumi sensei yang menguasai berbagai ilmu beladiri lain, terus mengembangkan dan menyempurnakan teknik-teknik ninjutsu. Pada tahun 1976-1978 ninjutsu berhasil dipublikasikan dan diajarkan ke Amerika Serikat oleh Stephen K. Hayes, yang telah berguru kepada Hatsumi sensei. Sejak itu, ninjutsu berkembang pesat dan menjadi cabang bela diri yang banyak diminati termasuk di indonesia.

Berikut ini ialah informasi-informasi lain mengenai NINJA :

Pedoman NINJA

1. Ia tidak oleh menggunakan kemampuan dan kekuatannya untuk kepentingan pribadi terlebih untuk kejahatan.

2. Ia harus merahasiakan identitas dirinya yang sesungguhnya dan tak boleh diketahui orang lain bahwa ia seorang ninja.

3. Ia harus melaksanakan misinya dengan segala cara meski harus membuang harga diri, ego dan rasa malunya.

4. Ia harus menjaga rahasia atau strategi ilmu ninja tak diketahui umum kalau perlu memper taruhkan nyawanya.

Senjata yang biasa digunakan

a. Shuiriken/senjata rahasia, cocok disebut pisau terbang,ada 4 macam bentuk shuiriken yaitu batang, pipih, silang dan pipih dengan 2 lapisan.berat shuiriken antara 37,5-120g, bisa mematikan musuh dari jarak 3-9 m.

b. Mizugomo/laba-laba air, digunakan untuk membantu mereka menyebrangi sungai, terdiri dari 4 potongan kayu yang disatukan menjadi bentuk lingkaran dengan pijakan ditengahnya.

c. Nawa Bashigo /tangga tali digunakan untuk memanjat.

d. Geta/sepatu kayu, bagian dari mizugomo digunakan untuk membantu bergerak lebih cepat di atas air.

e. Shinobi kumade/cakar besi, digunakan sebagai senjata yang melekat pada bamboo atau dilontarkan pada cakarnya saja.

f. Kunai/ penggali tanah, berupa pisau pendek untuk menggali tanah atau membantu bergerak di dalam tanah.

g. Shinobi Gatana/ Pedang pendek. Bentuknya tebal dan berat dengan panjang hanya 60 cm, biasanya digunakan untuk menusuk lawan atau sebagai pijakan saat memanjat, sedangkan sarungnya bisa digunakan sebagai tabung

Legenda-legenda NINJA

1. Hanzou Hattori

Ia adalah yang pertama dari 3 ninja Iga terhebat. Saat peristiwa Hannouji Temple, ia mengamankan Ieyasu Tokunaga ke kuil Okazaki. Karenanya namanya sangat terkenal, bahkan diambil menjadi nama tempat ( Hanzoumon The Imperial Palace )

2. Sandayu Momochi

Yang ke 2 dari 3 ninja Iga. Ia membawa ratusan ninja lainnya. Saat perang Tensho Iga terjadi, momochi menghilang dan tak pernah ditemukan lagi.

3. Nagatonokami Hujibayashi

Yang ke 3 dari ninja Iga.

4. Kotaro Fuma

Anggota ke 4 dari keluarga Fuma yang dikenal cerdik. Pernah membuat bingung para lawannya, dengan melakukan serangan malam saat berperanng melawan Katsuyori Takeda.

5. Goemon Ishikawa

Murid dari Sandayu Momochi, yang terkenal karena pernah mencoba membunuh Hideyoshi Toyotomi. Namun gagal dan dihukum mati di tepi Sungai Kyoto Sanjo.

6. Yoshitsune Minamotono

Terkenal karena pernah melakukan aksi meloncat dari kapal ke kapal pada perang Dannoura. Ia juga membuta hipotesis kalau Genghis Khan pun sebenarnya seorang ninja.

7. Bashou Matsuo

Saat berusia 40 tahun, ia menempuh jarak Edo-Touhoku dalam waktu hanya 150 hari, dengan berjalan kaki.

Tehnik-tehnik yang sering digunakan

Uzuragakure, saat nyaris kepergok oleh musuh pada malam hari, mereka harus bertiarap dan serata mungkin dengan tanah, serta menahan nafas(selambat mungkin).

Kannongakure, jika kepergok musuh siang harimaka ia harus melakukan dua cara,berpura-pura jadi orang gila atau bersembunyi hingga tak terlihat.

Kunoichi, karakter ini cocok untuk ninja wanita misalnya ia harus menyusup ke markas musuh dengan menjadi pembantu.

Inchuyou, saat kehadirannya di curigai mereka akan berpura-pura menjadi anjing atau kucing dengan menirukan bunyinya.


***

3 komentar: