Fenomena SUNDOGS (munculnya matahari yang lebih dari satu)

Sundogs atau parhelion adalah fenomena alam dimana cahaya matahari terpantul ke lapisan es di awan yang membuatnya seperti “menyebar” dan menyerupai matahari. Kejadian ini sering terjadi di daerah-daerah yang bermusim dingin, Sundogs merupakan sebuah fenomena yang sangat jarang terjadi. Walaupun sangat jarang tapi, fenomena ini pernah terjadi pada sebelum-sebelumnya. Salah satu daerah yang pernah mengalami fenomena ini ialah di daerah China.

untuk lebih jelas tentang apa itu sundogs, silahkan kunjungi image google ini

Image and video hosting by TinyPic

Di Kota Laiyang, Provinsi Shandong pada tanggal 27 Maret 2009 kira-kira jam 16:20 hingga 16:50 di langit muncul tiga matahari, pada kedua sisi depan matahari, ada dua cahaya bulat yang samar-samar, seperti matahari tersembunyi di balik awan, di sisi Timur muncul pelangi yang sangat besar dan 4 matahari muncul bersamaan di daerah china


Fenomena munculnya 4 matahari di cina bukan fenomena luar biasa, walaupun memang langka terjadi, kemunculan fenomena ini cukup menghebohkan di sejumlah situs jejaring sosial dan katanya juga jadi pembicaraan hangat di BBM, ada juga yang menghubungkannya dengan tanda kiamat. Tetapi ternyata kemunculan matahari lebih dari satu, yang terjadi di Cina, hanyalah fenomena biasa. dan di jawab langsung oleh LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional),

“Fenomena itu dinamakan sun dog atau istilah yang disebut anjing penjaga matahari. Cahaya tersebut biasa muncul di kanan kiri halo sehingga sering dianggap matahari meskipun memiliki ukuran lebih kecil”.

Penampakan untuk fenomena yang menjadi buah bibir ini, yakni sun dog – anjing penjaga matahari. kemungkinan pernah terjadi sebelum-sebelumnya dan lebih dari satu kali, begitupun 4 matahari Cina.


***

0 komentar:

Posting Komentar