Tips Agar Baterai HP Tetap Awet

Handphone merupakan tools yang sangat dibutuhkan saat ini, karena seiring dengan perubahan zaman, Handphone merupakan sarana yang tepat dalam proses komunikasi di zaman yang serba sibuk dan padat. Problem yang sering terjadi dalam penggunaan Handphone ialah penggunaan pada baterai.

Image and video hosting by TinyPic

Baterai yang tidak dipergunakan secara benar akan menimbulkan gangguan pada kinerja Handphone sendiri. Seperti, baterai cepat habis, Drop, bahkan rusak. Beberapa tips sederhana berikut akan membantu baterai Handphone yang kita miliki agar tetap awet serta tidak cepat ngedrop atau cepat habis:

1. Usahakan matikan hp saat melakukan pengecasan.

Pada saat kita akan melakukan pengecasan pada baterai, maka hal yang perlu kita perhatikan ialah aktivasi pada baterai. Jadi langkah yang paling baik ialah ketika kita akan melakukan pengecahan, matikan HP terlebih dahulu. Karena jika HP menyala akan terjadi arus keluar masuk secara bergantian yang bisa mengakibatkan rusaknya molekul dalam baterai

2. Pakailah Aksesoris HP seperlunya.

Apabila HP atau handphone kita mengunakan leather case / sarung / kondom handphone , sebaiknya lepas leather case / sarung / kondom itu karena dapat menimbulkan panas yang bisa saja dapat menyebabkan umur ponsel dan baterai anda menurun.

3. Jangan sering-sering chargering handphone di mobil.

Voltase pada kendaraan sering tidak stabil, sehingga dapat mengakibatkan tidak stabilnya arus masuk ke dalam baterai

4. Jangan biarkan baterai sampai habis

Untuk tipe baterai Lithium Ion dan Polymer waktu pengecasan baterai sebaiknya tidak menunggu baterai benar-benar habis. Jadi begitu ada peringatan baterai lemah, langkah terbaik ialah langsung melakukan pengecasan pada baterai.

5. Hindari HP dari benturan benda keras atau percikan air.

Salah satu sebab baterai boros karena adanya hubung singkat (korsleting). Korsleting ini bisa disebabkan karena HP sering terjatuh atau terkena cairan

6. Hindari gonta-ganti SIM.

Setiap kali mengganti SIM, berarti ponsel kita harus dimatikan dan pada awal dihidupkan akan meloading sistem ponsel dan melakukan pencarian sinyal operator. Pekerjaan ini membutuhkan daya yang besar

7. Nonaktifkan fitur-fitur yang tidak penting dan tidak perlu untuk di gunakan.

Khusus untuk hp yang mempunyai WIFI dan Bluetooth, karena dua fitur ini juga termasuk fitur yang boros baterai. Juga vibrate, GPRS, sering menyalakan led badan ponsel, screensaver yang cepat, mengaktifkan backlight siang hari, sering buka tutup sliding, dan multitasking sering mengakibatkan baterai cepat boros.

8. Browsing Internet Secukupnya

Browsing di internet menggunakan Hp atau Blackerry membutuhkan daya yang besar. Untuk itu, browsinglah disaat-saat penting dan jangan terlalu sering.

9. Hindari penggunaan fitur yang tidak perlu

Fitur ponsel yang makin beragam membuat penggunaan baterainya pun makin boros. Untuk itu, sebisa mungkin tidak menggunakan fitur yang tak diperlukan. Misalnya, mengaktifkan flash kamera pada siang hari atau mengaktifkan Bluetooth padahal tidak digunakan.


***

0 komentar:

Posting Komentar