Legenda Davy Jones

Davy Jones pertama kali tercatat pada tahun 1726 . Menurut kepercayaan para pelaut zaman dahulu, Ia merupakan seorang pelaut (bajak laut) yang mati tenggelam bersama kapalnya kedalam dasar lautan tetapi rohnya dipercaya tetap hidup dan menjadi simbol roh dilautan. Tidak ada seorang pun yang tau siapa Davy Jones itu, bahkan ada yang menghubung-hubungkannya dengan legenda “Kapal Flying Dutchman” dimana Davy Jones dipercaya sebagai kapten dari kapal hantu tersebut atau juga fenomena dihubungkan dengan fenomena yang sering terjadi di “segitga Bermuda”. tetapi melalui legenda dan dongeng para pelaut, dia disimbolkan sebagai roh dasar laut.

Davy Jones

Menurut POTC (pirates of the carribian) yang mana merupakan sebuah film sukses yang mengangkat tema cerita tentang bajak laut, Davy Jones adalah bajak laut yang jatuh cinta dengan dewi Calypso (menurut legenda Calypso/hantu laut/putri duyung atau intinya wanita pemikat pria di laut sehingga davy jones jatuh cinta padanya lalu mengkhianatinya). Davy Jones diberi tugas oleh Calypso untuk mengirim arwah orang-orang yang mati di laut ke dunia sana karena rasa cintanya dengan Calypso. tapi, dia tidak sanggup menahan rasa sakit hatinya pada saat akhirnya dia dikhianati, sehingga dia memotong jantungnya sendiri dan dimasukkan ke dalam peti supaya tidak terasa sakitnya, lalu karena lamanya waktu berada bawah di laut dia berubah menjadi sosok menyerupai ikan-ikan.

The fying dutchman

Pada 1751 namanya disebutkan dalam Bab 15 dalam buku Tobias George Smollett yang berjudul The Adventures of Peregrin Pickle: " Demi Tuhan! Jack, Anda mungkin berkata apa yang Anda mau, tetapi aku akan terkutuk kalau itu bukan Davy Jones sendiri. Aku mengenalnya lewat mata cawannya,tiga baris giginya, tanduk dan ekornya, dan asap biru yang keluar dari lubang hidungnya. Apa yang dia mau dariku? aku yakin aku tidak pernah melakukan pembunuhan, kecuali di jalan profesiku, dan aku juga tidak pernah menganiaya siapapun sejak pertama kali aku pergi ke laut. "

Dia digambarkan sebagai sosok yang sombong dan suka meneror, "pemimpin para roh jahat dari dasar laut, dan sering terlihat dalam berbagai bentuk, berdiri di antara tali-temali kapal pada saat menjelang badai, bangkai kapal dan bencana lainnya. "

Pada tahun 1803 para pelaut menggunakan istilah “Davy Jones's locker” sebagai bahasa slang atau istilah untuk yang pertama kali. Davy Jones’s Locker atau loker davy jones dalam bahasa Indonesia adalah sebutan untuk kuburan atau tempat peristirahatan terakhir bagi semua orang yang tewas tenggelam di laut.

"... pelaut akan bertemu kuburan bawah air, atau untuk menggunakan istilah pelaut, pergi ke Davy Jones's locker."

Seperti kebanyakan kisah-kisah legenda laut yang abadi, banyak terdapat teori mengenai Davy Jones. Ada yang bilang dia adalah seorang pelaut atau bajak laut yang meninggal di laut, sementara yang lain menyatakan bahwa Davy Jones adalah nama seorang pemilik bar dalam cerita balada 'Jones Ale is Newe,' dan loker mengerikan yang dia punya mungkin merupakan tempat di mana dia menyimpan stok minumannya.

Pemilik bar di London ini pada abad ke16,dikatakan menjalankan sebuah bar di mana para pelaut yang minum ditempatnya akan dibius dan dimasukkan ke dalam sebuah loker, dan pada saat mereka terbangun,mereka akan menemukan diri mereka telah berada disebuah kapal di laut dan menemukan bahwa mereka telah dipaksa masuk ke dalam Angkatan Laut oleh “Press Geng”(suatu unit khusus di bawah komando seorang perwira berwenang yang tugasnya memaksa orang-orang untuk masuk ke dalam dinas militer).

Beberapa ahli mengatakan bahwa Davy mungkin merupakan bentuk lain dari penyimpangan “duppy”,(roh atau hantu dalam kepercayaan orang afrika dan Indian), dan juga mengatakan bahwa tanda D dan V dalam kata Davy merupakan simbol dari setan.

Ada juga yang mengatakan bahwa kata “Jones” berasal dari kata “Jonas”(jonas merupakan bahasa slang pelaut yang berarti nasib buruk). Tapi ada juga yang mengatakan jonas disini diambil dari cerita alkitab mengenai seorang nabi Israel yang menolak panggilan Tuhan untuk mengkhotbahkan pertobatan kepada orang-orang “Nineveh”, dia ditelan oleh ikan paus lalu dimuntahkan kembali. Ketika Jonas mencoba untuk melarikan diri dengan menggunakan kapal, kapal tersebut menemui banyak masalah dilaut, ketika para awak kapal berusaha untuk menemukan apa yang menjadi sumbernya, Jonas mengaku bahwa dia telah tidak mentaati perintah Tuhan. Hal ini membuat para awak kapal kesal dan akhirnya mereka melemparkan Jonas ke laut, karena dari sudut pandang para awak kapal dia diyakini sebagai pembawa sial.

Banyak cerita dan teori mengenai legenda ini dan ini telah menjadi bagian dari kehidupan para pelaut selama lebih dari dua abad dan sekarang Davy Jones telah dianggap sebagai perwujudan dari iblis yang berkuasa atas roh-roh jahat dari kedalaman laut. Dari cerita tentang seorang pelaut (bajak laut), laki-laki dan ikan paus, hingga pemilik bar, satu hal yang pasti dari legenda Davy Jones’s Locker adalah ini merupakan sebuah cerita warna-warni yang penuh dengan sejarah dan mitos dan suatu tempat dimana keberadaan iblis dan laut biru terletak diantara kebenaran dan takhayul akan asal-usul Davy dan lokernya yang ditakuti, serta dimana orang-orang yang mati tidak dapat bercerita.


***

5 komentar:

  1. numpang tanya kalo di film spongebob itu hubungan nya apa ya ????

    BalasHapus
  2. Captain Jack Sparrow12 Oktober 2011 23.03

    Jadi, si flying dutchman yang di spongebob nya itu di isi suara ama davy jones...

    BalasHapus
  3. ternyata tinypic itu
    ada hubungannya ya sama legenda flyng dutchman :takut

    BalasHapus
  4. Ini misteri yg menyenangkan .....

    BalasHapus
  5. mereka hanya menggabungkan semua yang ada hubungan nya dengan laut. Devy Jones berdasar legenda adalah penjaga ruh bawah laut.

    BalasHapus