Tips Menjadi Orang yang Sabar

Sabar adalah salah satu sifat yang mulia dan penting sekali untuk dimiliki sebagai bekal mengarungi kehidupan. Banyaknya cobaan dan rintangan kehidupan akan dapat kita lalui dengan mudah apabila kita dapat bersabar.

Orang yang sabar akan dicintai oleh Allah SWT sebagaimana dalam firmannya :

Allah mencintai orang-orang yang bersabar..” (QS Ali Imran: 146).

Sungguh Aku memberi balasan kepada mereka pada hari ini karena kesabaran mereka. Sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang beruntung..” (QS Al Mu’minun: 111).

…dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan” (An Nahl:96)

Berikut ini ada tips-tips simple supaya kita bisa belajar menjadi orang yang sabar :

1. meyakini bahwa segala sesuatu yang kita punya adalah milik Allah SWT. Dengan demikian kalo suatu waktu diambil kita gak bakal ngerasa terlalu kehilangan. Segala sesuatu akan kembali padaNya.

2. tidak membanding-bandingkan dengan orang lain. Segala sesuatu sudah ada yang engatur. ada ukuran dan kadar tertentu. Tiap orang dah punya bagiannya masing-masing. Mencoba melihat ke bawah akan membuat kita jauh lebih bersyukur, sesuatu yang mungkin sering terlupakan. Tetapi terkecuali dalam hal ilmu dan ketakwaan dimana kita harus melihat ke atas.

3. Menyadari bahwa hidup ini hanya sebentar, kurang lebih 63 tahun. Jadi apa yang kita rasakan mungkin tak akan lama. Bahkan tak ada jaminan esok kita masih tetap hidup.

4. Berdoa minta diberi kesabaran. Bukankah di samping ikhtiar kita harus berdoa?

5. Memperbanyak shalat karena salah satu hikmah shalat yaitu melatih kesabaran.

6. Membaca Al-Quran sambil merenungkan maknanya

7. Membaca kisah perjuangan Rasulullah dan para sahabatnya sehingga akan membuat kita terinspirasi akan kesabarannya dalam menghadapi berbagai rintangan.

8. Berteman dengan orang-orang yang mempunyai ilmu agama lebih supaya dapat memotivasi kita dan menasehiti untuk bersabar.


***

0 komentar:

Posting Komentar

free counters
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net