10 Fenomena Alam yang Menakjubkan

Allah.SWT berfirman :

"Katakanlah: “Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi…" (QS : Yunus [10]: 101) .

Fenomena alam yang terjadi merupakan suatu tanda-tanda bukti kekuasaan allah dalam menciptakan langit dan bumi yang patut kita perhatikan untuk menambah keimanan kita. Tak elaklagi keragaman, kejaiban dari fenomena-fenomena yang terjadi merupakan sesuatu yang sangat menakjubkan. Berikut ini merupakan fenomena-fenomena yang sangat menakjubkan.

10. Ice Circles

Image and video hosting by TinyPic

Ice Circle atau lingkaran es adalah sebuah fenomena yang muncul pada air yang memiliki arus lambat di iklim dingin. Bentuknya menyerupai piringan raksasa yang terdiri dari es dan berotasi secara lambat di permukaan air.

Misteri ini sesungguhnya sudah pernah disinggung pada abad ke-19. Sebuah gambar ilustrasi dari Ice Circle pernah dipublikasikan di majalah Scientific American pada tahun 1895. London News juga pernah melaporkan fenomena ini yang terjadi di Toronto tahun 1930. Umumnya fenomena ini muncul di Skandinavia dan Amerika Utara, namun pernah satu kali terlihat di Inggris pada Januari 2009.

Ice Circle umumnya muncul pada kelokan sungai dimana arus air yang berakselerasi menciptakan sebuah kekuatan yang disebut "rotational shear", yang kemudian mematahkan bongkahan es dan memutarnya.

Sejalan dengan perputaran piringan itu, ia menggiling es di sekelilingnya sehingga menjadi halus dan membentuk lingkaran sempurna. Fenomena ini walaupun sudah teridentifikasi penyebabnya, namun tetap merupakan kejadian yang langka.

9. Red Tides

Image and video hosting by TinyPic

Red Tides merupakan sebuah fenomena alam air laut yang berubah warna menjadi merah yang disebabkan oleh fitoplankton. Red Tides dapat menyebabkan kematian massal biota laut, perubahan struktur komunitas ekosistem perairan, keracunan dan juga bisa menyebabkan kematian pada manusia. Ini terjadi dikarenakan berkumpulnya mikroorganisme di pesisir tempat bergabungnya air dari muara, laut atau air sungai dan membuat air menjadi berwarna ungu dan merah serta fitoplankton tersebut mengeluarkan racun.

Faktor yang mempengaruhi fenomena Red Tides yaitu termasuk suhu permukaan laut yang hangat, salinitas rendah, kandungan gizi yang tinggi, dan laut yang tenang. Selain itu, fitoplankton tersebut dapat menyebar dengan jauh oleh angin, arus, dan badai.

8. Columnar Basalt

Image and video hosting by TinyPic

Formasi bebatuan yg terbentuk dikarenakan lava dari letusan gunung yg mendingin. karena magma mendingin dengan cepat, sehingga sebagian kecilnya membentuk kristal.
Basalt yg terkenal di dunia terletak di Giant’s Causeway di Irlandia Utara.

7. Sun Dogs

Image and video hosting by TinyPic

Fenomena dimana matahari terlihat berjumlah 2, 3, atau 4 buah. Nama ilmiahnya parhelion, sama dengan parhelia, dari bahasa Yunani parēlion,disebut juga matahari tiruan adalah sebuah fenomena atmosfer yang menciptakan titik-titik terang cahaya di langit, berbentuk sebuah cincin atau lingkaran bercahaya di kedua sisi matahari, dibentuk oleh kristal es.
Sundogs mungkin sebagai cerminan cahaya ke kiri atau kanan dari matahari.Sundogs yang terbaik dan yang paling mencolok terlihat adalah ketika matahari rendah.

6. Moeraki Boulders

Image and video hosting by TinyPic

The Boulders Moeraki adalah bola batu yang menakjubkan dan mereka mengingatkan kita banyak di lingkungan orang-orang misterius yang dapat ditemukan di Amerika Selatan atau beberapa negara Eropa.

Berbeda dengan bola misterius dari Amerika Selatan yang arkeolog tidak memiliki penjelasan yang masuk akal, yaitu sesuatu yang berbeda. Mereka terbentuk batu-batu bulat di sedimen dasar laut dalam proses yang mirip dengan proses penciptaan mutiara.

Mereka telah membentuk bola selama ribuan tahun dan itu adalah luar biasa bagaimana bentuknya hampir sempurna seperti mereka yang dibuat oleh manusia bukan oleh alam. Beberapa dari mereka cukup besar dan sekitar 3 meter dengan diameter. Mereka dapat ditemukan batu-batu besar di Pantai Koekohe di Selandia Baru. Batu-batu berbentuk bulat yang berada di tepi pantai, terbentuk karena deburan ombak, yang terkenal berada di Pantai Koekohe.

5. Penitentes

Image and video hosting by TinyPic

Fenomena alam yg hanya terjadi di tempat antara Chili dan Argentina, yaitu salju di permukaan yg tinggi yg runcing yang berorientasi ke arah matahari karena tiupan angin yang kuat di pegunungan andes.

Lliboutry mencatat bahwa kondisi iklim kunci untuk ablasi diferensial yang mengarah pada pembentukan Penitentes yang menjelaskan bahwa titik embun selalu di bawah titik beku. Dengan demikian, salju akan menghalus, karena sublimasi memerlukan masukan energi yang lebih tinggi daripada yang mencair. Setelah proses ablasi diferensial dimulai, permukaan geometri penitente berkembang menghasilkan mekanisme umpan balik yang positif, dan radiasi yang terperangkap oleh beberapa refleksi antara dinding. Cekungan menjadi satu dengan radiasi benda hitam, sementara angin mengakibatkan penurunan saturasi udara, peningkatan suhu titik embun dan awal pencairan. Dengan cara ini, di mana massa yang hilang hanya karena sublimasi, akan tetap, serta dinding yang curam, yang mencegah panas matahari yang minim.

4. Light Pillars

Image and video hosting by TinyPic

Fenomena visual yg tercipta karena pantulan cahaya dari kristal es dekat permukaan planar sejajar horisontal. Cahaya dapat berasal dari matahari, biasanya pada saat matahari hampir terbenam, dalam hal ini fenomena ini disebut pilar matahari. Dapat juga datang dari bulan atau dari sumber-sumber terestrial seperti lampu jalan. Fenomena visual ini tercipta didominasi karena pantulan cahaya.

3. Catatumbo Lightning

Image and video hosting by TinyPic

Orang Venezuela menamakan petir misterius itu Relampago del Catatumbo atau petir Catatumbo. Lokasi terjadinya petir ini di mulut sungai Catatumbo di danau maracaribo, Venezuela. Orang-orang pun sering menyebut daerah ini sebagai daerah petir abadi.
Kilat ini menyambar hebat dengan tinggi 5 km. Terjadi 140 bahkan sampai 160 kali di malam hari dalam 1 tahun. Setiap malamnya terjadi sambaran selama 10 Jam. Tiap jam terjadi sebanyak 280 kali sambaran.

Jadi dalam setahun kurang lebih 448.000 kali sambaran. Petir ini terjadi karena tumbukkan angin kencang yang berasal dari Pegunungan Andes. Konon, petir ini adalah pembentuk lapisan ozon yang paling besar di bumi

2. Cave of the Crystals

Image and video hosting by TinyPic

Cueva de los Cristales (Gua dari Kristal) adalah sebuah gua yang terhubung ke Naica Mine 300 meter (980 kaki) di Chihuahua, Meksiko. Ruangan utama berisi selenite kristal raksasa, beberapa kristal alam terbesar yang pernah ditemukan.

Dikarenakan ada dapur magma di bawah tanah di bawah gua. Memanaskan magma dan mineral air tanah menjadi jenuh dalam jumlah besar. Ruang cekungan gua itu penuh dengan air panas mineral yang kaya dan tetap penuh selama sekitar 500.000 tahun. Selama waktu itu, suhu air tetap stabil di atas 50 ° C. Hal ini memungkinkan untuk membentuk kristal mikroskopis dan tumbuh. Mereka terus tumbuh menjadi ukuran besar.

1. Pink and White Terraces

Image and video hosting by TinyPic

Keajaiban alam yang tinggal kenangan karena dihancurkan oleh letusan gunung berapi tarawera pada tahun 1886, Fenomena alam air hangat ini terbentuk dari semburan geyser yang melintas menuruni lereng bukit meninggalkan ketebalan es.

Kolam air hangat terbesar ini tercatat dengan luas 3 hektar, sebelum kehancuranya fenomena ini masuk kedalam "The Eighth Wonder of the World".


***

0 komentar:

Posting Komentar